SYARAT DAN KETENTUAN 

KONSELING SATU PERSEN


 

Dengan mendaftar layanan KONSELING SATU PERSEN, Anda setuju untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Konseling Satu Persen ini (seterusnya disebut "SYARAT & KETENTUAN"). SYARAT & KETENTUAN ini mempengaruhi hak dan kewajiban hukum Anda. Apabila Anda tidak setuju untuk terikat oleh semua Syarat & Ketentuan ini, anda dapat membatalkan pendaftaran Anda.

 

SYARAT & KETENTUAN ini merupakan perjanjian yang sah antara Anda dengan PT Satu Persen Edukasi (seterusnya disebut “SATU PERSEN”). Pahami bahwa SATU PERSEN berhak memodifikasi, memperbarui, atau mengganti SYARAT & KETENTUAN. Apabila terdapat perubahan dalam SYARAT & KETENTUAN, versi terbaru akan berlaku secara efektif setelah dicantumkan di website SATU PERSEN.


 

KETENTUAN UMUM

 

KONSELING

KONSELING adalah layanan konsultasi yang disediakan oleh SATU PERSEN untuk KLIEN yang membutuhkan bantuan PSIKOLOG dalam menyelesaikan masalah psikologis yang mengganggu kehidupan sehari-hari. 

SATU PERSEN dan PSIKOLOG terikat perjanjian hukum yang menyepakati bahwa layanan KONSELING dilaksanakan berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia.

 

SATU PERSEN

PT Satu Persen Edukasi (seterusnya disebut “SATU PERSEN”) merupakan perseroan terbatas  yang menyediakan layanan jasa KONSELING dengan PSIKOLOG; didirikan berdasarkan hukum dan undang-undang Negara Republik Indonesia, berkedudukan hukum DKI Jakarta. 

SATU PERSEN memiliki wewenang dan hak untuk

SATU PERSEN memiiki kewajiban untuk

 

PSIKOLOG

Psikolog Satu Persen (seterusnya disebut “PSIKOLOG”) adalah mitra SATU PERSEN yang memberikan layanan KONSELING dan dipastikan telah menempuh pendidikan minimal S2 Psikologi Profesi Klinis, serta memiliki Surat Izin Praktik Psikologi (SIPP) dan Sertifikat Sebutan Psikolog (SSP) yang sah dan tercatat oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

Berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia, PSIKOLOG memiliki kompetensi dan, atas persetujuan KLIEN, hak untuk:

Berdasarkan Surat Perjanjian Kerjasama antara PSIKOLOG dan SATU PERSEN, PSIKOLOG memiliki kewajiban untuk:

 

KLIEN

KLIEN adalah pengguna layanan KONSELING yang telah melakukan pendaftaran dan pembayaran untuk menggunakan layanan KONSELING, termasuk yang telah selesai melakukan sesi KONSELING.

 

KLIEN memiliki wewenang dan hak untuk

 

Klien memiliki kewajiban untuk:

 

ADMIN

Admin Konseling Satu Persen (seterusnya disebut “ADMIN”) adalah pegawai SATU PERSEN yang direkrut untuk menjadi perantara antara SATU PERSEN, PSIKOLOG, dan KLIEN dalam layanan KONSELING. ADMIN KONSELING berbeda dengan admin layanan lainnya yang disediakan SATU PERSEN.

Yang dimaksud sebagai ADMIN adalah:

Ditekankan bahwa ADMIN bukan PSIKOLOG.

Jam operasional ADMIN:

Senin - Jumat (09.00-18.00 WIB), kecuali tanggal merah

Contact Person

 

ADMIN memiliki wewenang untuk

 

Selama jam operasional, ADMIN memiliki kewajiban untuk


 

ADMINISTRASI

 

Pendaftaran

Pendaftaran layanan KONSELING dapat dilakukan kapanpun melalui formulir pendaftaran KONSELING yang terdapat di website SATU PERSEN dengan link berikut http://link.satupersen.net/layanan/mentoring/konseling.

Seseorang dianggap telah mendaftar KONSELING dan memiliki status KLIEN apabila:

 

ADMIN akan segera menghubungi KLIEN untuk melakukan penjadwalan. Pendaftaran dan pembayaran dapat dilakukan kapanpun, namun ADMIN baru akan menghubungi KLIEN untuk penjadwalan di jam operasional ADMIN.

 

Penjadwalan

Penjadwalan hanya bisa dilakukan di jam operasional ADMIN. Meskipun demikian, KONSELING dapat dilakukan di hari apapun, dengan ketentuan paling cepat sehari setelah penjadwalan. Oleh karena itu, apabila hendak KONSELING di hari Minggu, pastikan telah menentukan jadwal selambat-lambatnya hari Jumat.

ADMIN akan menghubungi KLIEN untuk melakukan penjadwalan dengan proses sebagai berikut.

Jadwal yang telah disepakatI oleh KLIEN dan PSIKOLOG dapat berubah (reschedule) atas permintaan KLIEN atau PSIKOLOG, dengan ketentuan sebagai berikut.


 

FASILITAS

 

Fasilitas yang pasti didapatkan

→ Yaitu formulir data diri dan keluhan lengkap yang berfungsi membantu PSIKOLOG memahami KLIEN dan masalahnya lebih dalam;

 

Perolehan fasilitas yang pasti didapatkan

 

Fasilitas lain yang bisa didapatkan jika diminta atau diperlukan

→ Yaitu lembar kerja yang membantu KLIEN dalam melakukan refleksi diri atau membuat perencanaan;

 

Dari sesi konseling, PSIKOLOG akan menyimpulkan apakah KLIEN memerlukan fasilitas- fasilitas ini. Jika KLIEN menginginkan fasilitas tersebut, KLIEN dapat mengonsultasikannya kepada PSIKOLOG.


 

PROSES KONSELING

 

Lokasi / Media

Ruang Konseling Satu Persen

Jl. Terusan Pejaten Barat II No.1

Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

DKI Jakarta 12510

Alamat Ruang Konseling Satu Persen

 

Pra Konseling dan Persiapan

Sesi dan Durasi Konseling

 

Pasca Konseling dan Sesi Lanjutan

 

AKSES DAN KERAHASIAAN DATA

 

Sesuai Kode Etik Psikologi Indonesia, layanan SATU PERSEN dan PSIKOLOG diwajibkan untuk menjamin kerahasiaan data, dokumen, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan KLIEN dan sesi KONSELING terkait.

Oleh karena itu, KLIEN perlu memahami pihak-pihak yang dapat mengakses data yang mereka berikan di setiap tahapan KONSELING, mulai pendaftaran hingga selesai, beserta pemanfaatannya.

 

Formulir Pendaftaran di Website link.satupersen.net

Data yang dimasukkan dalam website akan masuk ke database SATU PERSEN dan dapat diakses oleh pegawai SATU PERSEN yang memiliki kepentingan. Data tersebut digunakan oleh SATU PERSEN untuk kepentingan riset dan pengembangan. 

Oleh karena itu, KLIEN disarankan untuk tidak mencantumkan data yang dianggap rahasia pada formulir pendaftaran. 

Data yang bersifat rahasia namun dirasa penting untuk diketahui PSIKOLOG demi sesi KONSELING yang efektif dapat dicantumkan pada formulir Pre-Counseling Assessment yang dapat diakses oleh lebih sedikit pihak.

 

Psikotes Umum dan Pre-Counseling Assessment

Data lengkap yang KLIEN berikan dalam formulir Pre-Counseling Assessment dan Psikotes Umum hanya dapat diakses oleh ADMIN dan PSIKOLOG yang menangani KLIEN.

Pre-Counseling Assessment ini dilengkapi dengan Informed Consent, yang merupakan pemberitahuan kepada dan persetujuan KLIEN terkait beberapa hal, di antaranya adalah jaminan bahwa data yang dicantumkan pada Pre-Counseling Assessment hanya dapat diakses oleh ADMIN dan PSIKOLOG yang menangani KLIEN.

ADMIN dapat menggunakan data yang KLIEN isi dalam Pre-Counseling Assessment dan Psikotest Umum dan membagikannya kepada pihak SATU PERSEN untuk kepentingan riset dan pengembangan, dengan catatan TIDAK mencantumkan identitas dan kontak pribadi yang membuat pemilik data dapat dikenali, kecuali atas seizin KLIEN.

Informasi yang KLIEN tulis pada formulir Pre-Counseling Assessment sangat bermanfaat bagi efektivitas dan efisiensi KONSELING, karena dapat membantu PSIKOLOG mengenali KLIEN dan memahami masalah KLIEN lebih mendalam, sehingga PSIKOLOG dapat lebih cepat menentukan penanganan yang efektif. 

Meskipun demikian, apabila masih terdapat keraguan terkait penggunaan dan kerahasiaan data, KLIEN diperbolehkan untuk tidak membagikan data atau informasi yang dianggap rahasia di formulir ini, dan langsung menceritakannya saat sesi KONSELING. Klien juga diberi kebebasan untuk tidak mengisi Psikotes Umum karena hal tersebut hanya merupakan fasilitas dan bersifat opsional.

 

Sesi Konseling

Informasi apapun yang KLIEN bagikan kepada PSIKOLOG selama sesi KONSELING hanya diketahui oleh KLIEN dan PSIKOLOG. 

 

Rekam Psikologi

Setelah sesi KONSELING, PSIKOLOG membuat rekam psikologi yang berisi catatan terkait setiap sesi yang dijalani oleh KLIEN. Rekam Psikologi ini membantu PSIKOLOG untuk memantau perkembangan KLIEN di setiap sesi KONSELING.

Data pada rekam psikologi KLIEN dapat diakses oleh ADMIN dan PSIKOLOG yang menangani KLIEN. ADMIN dapat menggunakan data yang KLIEN isi dalam Pre-Counseling Assessment dan Psikotest Umum dan membagikannya kepada pihak SATU PERSEN untuk kepentingan riset dan pengembangan, dengan catatan TIDAK mencantumkan identitas dan kontak pribadi yang membuat pemilik data dapat dikenali, kecuali atas seizin KLIEN.

Data pada rekam psikologi ini dapat diberikan PSIKOLOG untuk merujuk KLIEN kepada tenaga profesional lain. Data ini juga dapat dijadikan barang bukti yang sah di mata hukum apabila KLIEN sedang dalam proses investigasi yang dilakukan oleh kepolisian.

 

Formulir Evaluasi Konseling Satu Persen

Formulir ini berfungsi sebagai wadah untuk menampung penilaian, kritik, dan saran dari KLIEN untuk pengambangan SATU PERSEN. Formulir ini dapat diakses PSIKOLOG dan pegawai SATU PERSEN yang memerlukannya. 

Formulir ini bersifat anonim, tidak meminta data identitas diri dalam bentuk apapun. Dengan demikian, pihak yang mengakses tidak dapat mengenali KLIEN yang mengisi formulir tersebut.

 

PIHAK KETIGA

SATU PERSEN dapat menjual atau membagikan data yang diberikan KLIEN kepada PIHAK KETIGA, atau pihak eksternal yang menjalin kerja sama dengan SATU PERSEN, dengan catatan TIDAK mencantumkan identitas dan kontak pribadi yang membuat pemilik data dapat dikenali, kecuali atas seizin KLIEN.

 

KEAMANAN

 

Apabila terdapat tindakan yang melanggar hukum dan/atau Kode Etik Psikologi Indonesia yang dilakukan oleh pihak manapun yang berkaitan dengan KONSELING, harap lapor ke ADMIN atau admin utama SATU PERSEN melalui email ke alamat hello@satupersen.net.

Laporan terkait tindakan yang melanggar hukum dan/atau Kode Etik Psikologi Indonesia oleh pihak manapun yang berkaitan dengan KONSELING dapat dan akan ditindaklanjuti berdasarkan berdasarkan prosedur yang berlaku.

 

Pencegahan

 

Pengendalian dampak